Berikut Cara Alami Mengatasi Nyeri

28 Mei 2014

Nyeri otot tidak hanya muncul ketika pulang dari gym. Dalam kondisi tertentu nyeri otot terkadang muncul di saat tak terduga baik saat Anda bekerja bahkan pada saat Anda duduk santai sekalipun.

mengatasi nyeri otot Jangan Buru buru Minum Obat saat Nyeri, Redakan dengan Ini

Kebanyakan orang langsung menelan obat-obatan untuk mengatasi rasa nyeri itu, padahal ada cara alami yang lebih sehat untuk mengatasinya. Apa saja?

Tertawa

Ini tentu bukanlah obat yang sebenarnya, namun manfaat tertawa bagi kesehatan tak dapat diremehkan. Selain meredakan stres, membakar kalori dan memanjangkan umur, tertawa juga bisa jadi obat pereda nyeri alami. Tampaknya ini karena tertawa memicu munculnya endorfin, zat kimiawi yang membuat seseorang merasa lebih baik.

Jangan merokok

Sebuah studi menemukan bahwa merokok merupakan salah satu faktor risiko nyeri punggung dan gangguan sendi. Tak heran jika perokok dilaporkan paling sering mengalami nyeri pada bagian-bagian tubuh ini.

Tidur

Sebuah studi di tahun 2012 mengungkapkan bahwa tidur tak hanya melindungi memori, mood serta otot seseorang, tapi juga meningkatkan kekebalan terhadap rasa sakit.

Hirup aroma apel

Penelitian yang dilakukan the Smell & Taste Treatment and Research Foundation di Chicago, AS, menginstruksikan peserta yang pada saat bersamaan sedang sakit migrain, untuk mengendus bau tabung reaksi yang berisi apel hijau.

Hasilnya menunjukkan, kondisi mereka yang menghirup aroma apel hijau mengalami perbaikan dibandingkan dengan mereka yang tidak menghirup aromaapel hijau. Para peneliti beranggapan, aroma yang diberikan oleh apel hijau ini mampu mengimbangi kontraksi otot yang terjadi di kepala dan leher, sehingga memberikan rasa yang melegakan di kepala.

Dengarkan musik

Menurut sebuah studi di tahun 2013, sebagai pengalih perhatian, musik dapat menurunkan intensitas nyeri lebih signifikan daripada hanya belajar menerima rasa nyeri itu sendiri.

Dari studi lain, Case Western Univeristy dan Cleveland Clinic juga menemukan pasien nyeri kronis yang mendengarkan musik satu jam dalam sehari dan membuat diari tentang rasa sakitnya mengalami penurunan rasa nyeri sebanyak 12-21 persen dibandingkan orang yang tidak melakukannya